- E-BUSINESS
E-bussss (Inggris: Electronic Business, atau "E-business") dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-Business dibagi menjadi 4 bagian :
- Customer Relationship Management (CRM) :
- Enterprise Resource Planning (ERP) :
- Enterprise Aplication Program (EAI) :
- Supply Chain Management (SCM) :
Jenis E-Bussiness adalah sebagai berikut :
- B2C (Bussiness to Consumers) Anatara organisasi dengan perorangan.
- B2B (Bussiness to Bussiness)
- B2G (Bussiness to Government)
- B2E (Bussiness to Education)
E-commerce berarti transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerahterimaan (handing over) kepemilikan dan hak atas produk atau jasa.
Untuk membangun sebuah website E-Commeerce yang aman diperlukan kemampuan khusus dalam menguasai bahasa pemrograman web. Tapi sekarang telah banyak web E-Commeerce yang menggunakan CMS (Content Managenet System). Manfaat dari penggunaan CMS sendiri adalah supaya produsen dapat dengan mudah mengaatur berbagai macam produk yang dijualnya pada situs mereka.
Penggunaan CMS juga bermacam-macam, berikut diantaranya :
a. Mengelola website pribadi atau lebih dikenal dengan blog.
b. Mengelola website perusahaan/bisnis.
c. Portal atau website komunitas.
d. Galeri foto, dan lain sebagainya.
e. Forum.
f. Aplikasi E-Commerce.
Berikut ini adalah macam-macam CMS yang biasa digunakan E-Commeerce :
- Magento (gratis)
- osCommerce (gratis)
- Zen Cart (gratis)
- X-Cart ($115)
- CubeCart (gratis)
- VirtueMart (gratis)
- Ubercart (gratis)
- Prestashop (gratis)
- OpenCart (gratis)
- Spree (gratis)
- WordPress-Ecommerce (gratis)
- OXID eShop (gratis)
- Digistore (gratis)
Berikut ini dalah kelebihan dari OpenCart adalah sebagai berikut :
- Unlimited Kategori
- Unlimited Produk
- Unlimited Produsen
- Multi Mata Uang
- Multi Bahasa
- Ulasan Produk
- Produk Rating
- Open Source
- Dokumentasi Bebas
- Automatic Image Resize
- Lebih dari 20 cara Pembayaran
- Lebih dari 8 Metode Pengiriman
www.plasa.com
www.bhineka.com
www.kutubukucom
- Cyber Market
Pasar online merupakan contoh dari pasar abstrak,
dimana seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pasar abstrak adalah pasar
dimana transaksi antara penjual dan pembeli tidak dilakukan secara langsung
(bertatap muka) melainkan dilakukan lewat telepon atau internet sebagai alat
perantara. Didalam pasar online pembeli dan penjual tidak bertemu langsung
dalam melakukan tawar menawar ataupun dalam melihat produk yang dibutuhkan oleh
pembeli.
Dalam pasar online misalnya, produsen dapat memasarkan
hasil produksinya tanpa harus bertemu langsung oleh pembeli, cukup dengan
mengupload berbagai hasil produksi seperti baju, jam tangan, sepatu dsb serta
mencantumkan harga barang tersebut ke situs jaringan penjualan online
(internet), maka barang yang sudah diproduksi akan secara langsung dapat
dilihat oleh konsumen. Selainitu oleh produsen pasar online merupakan salah
satu alternative baru yang memudahkan mereka dalam memasarkan produk mereka,
tanpa memakan biaya yang tinggi, para produsen cukup melakukan promosi melalui
media internet dengan kata-kata yang menggunakan bahasa yang lugas dan kreatif,
sehingga nantinya akan menarik pembeli untuk membeli produk yang dipasarkan.
Biasanya pembeli yang menginginkan produk dari pasar
online harus menjalankan berbagai tahapan dulu sebelum mendapatkan produk yang
diinginkannya. Dalam melakukan transaksi dipasar online biasanya pembeli
melihat produk-produk yang diinginkannya melalui browsing, kemudian jika
pembeli tertarik dengan produk yang disediakan oleh penjual, maka pembeli akan
menghubungi nomor telfon yang sudah ada diketerangan gambar dan urusan selanjutnya
masalah pengiriman produk dan pembayaran akan disepakati secara bersama antara
penjual dan pembeli. Biasanya pembelian produk di pasar online membutuhkan
tingkat kehati-hatian yang tinggi agar tidak tertipu oleh para penipu didunia
maya tersebut. Biasanya untuk mengatasi masalah yang satu ini pembeli cendrung
membeli produk online dari situs yang dapat dipercaya, kepercayaan ini didapat
dari cerita-cerita dan pengalaman orang-orang yang pernah melakukan pembelian
online disitus tersebut.
Seperti yang diungkapkan diatas bahwasannya manusia
menggunakan simbol untuk saling berkomunikasi. Sebuah komunikasi akan berjalan
lancar apabila pihak-pihak yang terlibat didalam komunikasi tersebut
menggunakan simbol yang dapat mereka pahami secara bersama. Sama seperti
didalam pasar tradisional pasar online juga menggunakan simbol bahasa dalam
melakukan komunikasi, yang membedakannya adalah jika didalam pasar tradisional
penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli secara langsung dan
berkomunikasi dengan menggunakan bahasa verbal maka yang terjadi dipasar online
adalah sebaliknya, penjual dan pembeli berkomunikasi secara tidak langsung,
mereka berkomunikasi melalui media perantara seperti telefon, internet,dsb.
Melalui media perantara itulah nantinya komunikasi mereka terjalin, penetapan
harga, tawar menawar, dan pengiriman uang serta pengiriman barang.
Untuk mendapatkan pelanggan yang banyak, produsen
didalam pasar online harus dapat membangun “trust”. Agar para pembeli dapat
mempercayai produk mereka dan berinisiatif untuk melakukan transaksi jual beli
di situs mereka. Trust dapat dibangun
dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, dapat meyakinkan seseorang terhadap
produk yang kita miliki dan kelebihan yang ditawarkan itu sangat penting dalam
memasarkan produk melalui pasar online. Tidak seperti pasar lainnya, pasar
online hanya dapat memberikan contoh barang melalui foto dan keterangan dari
produk tersebut misalnya, size, colour, price, merek, dsb. Untuk itu didalam
pasar online bahasa non verbal merupakan
simbol yang digunakan antara penjual dan pembeli.
- E-Marketing
E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.
Contoh : Onlineshop= Kaskus,Tokobagus dll
- E-Payment
E-payment adalah
Apa yang dimaksud E-payment? Pengertian E-payment adalah sistem pembayaran melalui media Internet. Umunya suatu perusahaan menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mendukung fasilitas e-payment. Menggunakan jaringan perbankan yang begitu luas, transaksi pembelian dan pembayaran bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, sesuka hati. Misal pembayar listrik, pembelian tiket bisa dilakukan dengan Internet Banking.
Terdapat beberapa pihak yang terlibat di dalam E-Payment, yaitu:
- Issuer, merupakan bank atau lembaga non banking.
- Konsumen, pihak yang melakukan E-Payment
- Penjual, pihak yang menerima E-Payment.
- Regulator, biasanya pemerintah yang regulasinya mengontrol E-Payment.
Di dunian online, kebanyakan tarnsaksi dilakukan melalui E-Payment di mana antara pembeli dan penjual tidak saling bertatap muka (berada di tempat yang berbeda) sehingga masalah kepercayaan harus diperhatikan. Lain halnya dengan di dunia offline, pembayaran biasanya dilakukan secara bertatap muka (face-to-face) sehingga sulit untuk melakukan penipuan karena ada kepercayaan.
- E-Banking
E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.
Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking, maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data pribadinya. Adapun persyaratan bisnis dari internet banking antara lain: a). aplikasi mudah digunakan; b). layanan dapat dijangkau dari mana saja; c). murah; d). dapat dipercaya; dan e). dapat diandalkan (reliable).
Di Indonesia, internet banking telah diperkenalkan pada konsumen perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank besar baik BUMN atau swasta Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain BCA, Bank Mandiri, BNI, BII, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya. Internet banking telah memberikan keuntungan kepada pihak bank antara lain:
- Business expansion
- Customer loyality
- Revenue and cost improvement
- Competitive advantage
- New business model
http://rw4nt.wordpress.com/2010/10/18/ebc-e-business-and-e-commerce/
http://sosialismyfuture.blogspot.com/2013/05/cyber-market-pasar-online-dilihat-dari.html http://vandelaydesign.com/blog/web-development/ecommerce/ ; http://woork.blogspot.com/2009/01/8-interesting-cms-for-e-commerce.html ;


Tidak ada komentar:
Posting Komentar